Pemkab Solok Gelar Penyuluhan Hukum Pertanahan

By DPRKPP 21 Jul 2018, 19:06:55 WIB Pertanahan
Pemkab Solok Gelar Penyuluhan Hukum Pertanahan

Keterangan Gambar : Pemkab Solok Gelar Penyuluhan Hukum Pertanahan


Aro Suka – Dalam rangka percepatan sertifikasi tanah Pemerintah Dae­rah Kabupaten Solok menggelar penyuluhan hukum pada aparatur pemerintah terkait kepemilikan tanah. Acara berlangsung di ruang Rapat Pelangi Setda Kabupaten Solok, kemarin, dihadiri antara lain Asisten Koordinator Bidang Pemerintahan Edisar SH MHum, Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Per­tanahan Kabupaten Solok Deni Prihatni ST MT, Pejabat Kanwil BPN Propinsi Sumatera Barat Rusman SH MKn, Peja­bat BPN Kabupaten Solok Ir Dedi Fahlepi dan pakar hukum pertanahan UNAND Padang Kurniawarman SH MHum.

Deni Prihatni mewakili bupati menyampaikan, saat ini tanah yang dikuasai oleh Pemerintah Kabupaten Solok menurut da­ta pada Bidang Pertanahan Dinas Perumahan Rakyat dan Bidang Aset BKD Kabupaten Solok masih banyak yang belum memiliki setifikat.

“Sebagian besar tanah tersebut adalah tanah sekolah dan Puskesmas. Adapun tujuan kegiatan ini meningkatkan pemahaman dan kesadaran aparatur pemerintah untuk mendaftarkan tanah dan aparatur pemerintah dapat me­la­kukan identifikasi masalah dan melengkapi persyaratan pendaf­taran tanah,”katanya.

Dalam arahannya Asisten Ko­ordinator Bidang Pemerintahan Edisar SH MHum menyampaikan, selama ini bukan saja pengusaha yang menemui kendala menda­patkan tanah, pemerintah pun sangat sulit mendapatkan tanah untuk pembangunan infra­struktur.

Hal ini menunjukkan tidak berdayanya pemerintah daerah atas tanah. “Kedisiplinan dalam pengelolaan arsip terkait tanah harus ditingkatkan, karena ada kasus yang terjadi bahwa instansi penguasa lahan tidak mengantongi sertifikat atas tanah akan tetapi setelah ditelusuri ke Badan Pertanahan Negara didapati catatan bahwa tanah dimaksud telah dikeluarkan ser­tifikatnya,”katanya.

Dia meminta, agar se­mua tanah yang merupakan aset milik pemerintah dae­rah Kabupaten Solok agar dapat segera dibuatkan ser­tifikatnya, dan yang sementara da­lam proses penyelesaian ser­tifikat tanah itu diha­rapkan dapat diselesaikan secepatnya.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Jajak Pendapat

Bagaimana Penataan Kawasan Pemukiman di Kabupaten Solok?
  Sangat Baik Sekali
  Baik
  Buruk
  Sangat Buruk Sekali

Komentar Terakhir

Video Terbaru

View All Video